Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Wujudkan Generasi Emas, Paldam IX/Udy Latih Disiplin dan Pembentukan Karakter Siswa/i SMKN 1 Dps
17:00:55, 24/06/2019 BERITA UMUM
Wujudkan Generasi Emas, Paldam IX/Udy Latih Disiplin dan Pembentukan Karakter Siswa/i SMKN 1 Dps

Denpasar - Kegiatan ini menjadi momentum keberlanjutan pendidikan di bidang kedisiplinan dan pembentukan Karakter Siswa Sebagai generasi penerus perjuangan pembangunan kedepan. Teruslah berinovasi, berkreasi dan berprestasi di bidang masing-masing, karena kedepannya diharapkan untuk meniadi generasi EMAS (Energik, Mandiri, Aktif dan Spiritual).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Paldam IX/Udayana Kolonel Cpl Ir. Tomi Mukti Widiastomo, pada saat menutup kegiatan Pelatihan Disiplin dan Pembentukan Karakter siswa-siswi SMKN 1 Denpasar yang digelar di Lapangan Paldam IX/Udayana, Kepaon, Denpasar, pada Minggu (23/6) kemarin.

Selaku Kapaldam lX/Udayana, pihaknya memberikan penghargaan kepada SMKN 1 Denpasar yang merupakan Sekolah Kejuruan Teknologi yang berupaya mencetak hasil didik yang terampil, cerdas, berkarakter juga memiliki fisik dan mental yang kuat, mampu berimajinasi serta berkreasi untuk menghadapi era teknologi yang semakin maju dengan dilandasi disiplin serta beretika.

"Kami warga Paldam lX/Udayana merasa bangga diberi kepercayaan untuk membina para siswa guna melatih disiplin, keterampilan dan pembentukan karakter. Untuk adik-adik, selamat belajar kembali di Sekolah, gunakan waktu sebaik mungkin, siapkanlah fisik, mental, kemampuan pribadi dan karaktermu menjadi pribadi yang mampu berkompetisi di masa yang akan datang," tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Denpasar I Ketut Suparta, S.T., M.T., mengungkapkan alasan dipilihnya Paldam sebagai pendidik dalam pelatihan kedisiplinan dan pembentukan karakter bagi siswanya. Yakni, Paldam memiliki standar di kemiliteran (bukan militerisme), dan Paldam dengan SMKN 1 Denpasar memiliki hubungan sejarah.

Pihaknya berharap kerjasama ini berkelanjutan dan menjadi budaya disiplin bagi peserta didiknya maupun bagi sekolahnya. Pihaknyapun mengaku merasa sangat aman melakukan pelatihan disiplin dan pembentukan karakter di Paldam. Karena memiliki standar kemilteran.

"Dengan pelatihan ini, setelah mereka kembali ke sekolah, kami harapkan bisa ditularkan kepada teman-temannya dengan mental yang mereka miliki, sebagai virus-virus postiflah bagi teman-temannya," tutupnya.

Dari pengakuan salah satu siswa kelas XI yang akrab dipanggil Agus, mengatakan bahwa kegiatan yang baru pertama kali diikuti selama hidupnya tersebut menjadi pengalaman menarik tersendiri bagi dirinya.

"Seru banget, kerasa gimana rasanya jadi TNI, disini kita dibina dan dilatih untuk menjadi generasi muda yang tangguh, disiplin dan bekerja keras. Etika dan kesopanan kita juga sangat digembleng disini," kata Agus seraya mengakui semua yang diajarkan anggota Paldam sangat berkesan.

Di Paldam IX/Udayana, siswa-siswi SMKN 1 Denpasar ini diberikan dan ditekankan materi mengenai Wawasan Kebangsaan, Lagu Wajib, Pancasila, Yel-yel, Leadership dan PBB. Jurit malam juga dilaksanakan pada pukul 21.00 Wita.

Pelatihan Disiplin dan Pembentukan Karakter yang diikuti oleh sekitar 100 siswa-siswi SMKN 1 Denpasar ini terdiri dari perwakilan anggota Pramuka, OSIS, dan PMR di sekolahnya. Dengan durasi selama dua hari satu malam yakni pada Sabtu dan Minggu (22-23/6), diharapkan disiplin dan mental siswa-siswi SMKN 1 Denpasar mulai berubah setelah mengikuti pelatihan. (PendamUdy)


KEMBALI