Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Wujud Kepedulian Terhadap Hidup Sehat, Babinsa Ruteng Hadiri Rapat Road Show STBM-GESI 
17:17:24, 09/02/2019 BERITA UMUM
Wujud Kepedulian Terhadap Hidup Sehat, Babinsa Ruteng Hadiri Rapat Road Show STBM-GESI 

Manggarai - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1612-01/Ruteng Sertu Esrom Urip dan Koptu Frids Kadiwano menghadiri kegiatan rapat sosialisasi Road Show STBM-GESI (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat - Gender Equality and Social Inclusion) tingkat Kec. Cibal, di Kantor Kecamatan Cibal, Kamis (7/2).

Pembawa materi Ibu Silvi selaku tim dari pusat Yayasan PLAN Internasional Indonesia menyampaikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. STBM merupakan program dari menteri kesehatan, PERMENKES No 3 Tahun 2014.

Program itu bernama 100-0-100. Maksudnya adalah 100 yang pertama itu, bagaimana akses air minum terpenuhi untuk masyarakat tercapai 100 persen, 0 yang ke dua adalah bagaimana kawasan kumuh itu hilang hingga target 0 persen,  serta 100 yang ke tiga adalah bagaimana sanitasi lingkungan terpenuhi dengan baik. 

Namun dalam kegiatan ini mengangkat isu kesetaraan gender. Kita harus mendahulukan hati dan komitmen untuk berpihak pada kaum marginal termasuk penyandang disabilitas. Bagaimana kita mencari cara untuk dapat membantu kaum disabilitas dan lansia mengakses jamban, ini sangat perlu, membangun jamban di rumah panggung seorang lansia yang tidak bisa bergerak banyak, contohnya.

Tujuan dari STBM adalah merubah perilaku hidup masyarakat agar sanitasi lingkungan menjadi lebih mandiri, jadi disini pihak pemerintah tidak lagi memerlukan biaya atau perencanaan untuk membuat toilet umum tetapi bagaimana caranya agar pemilik rumah itu bisa terpacu untuk membuat jamban sendiri setelah dipicu melalui aspek religi ataupun lainnya.

Tidak hanya untuk jamban tetapi kedepannya diharapkan seluruh sanitasi dasar bisa dilakukan oleh masyarakat Desa/Kelurahan. 

STBM sendiri memiliki 5 Pilar. untuk awalnya cukup Buang Air Besar Sembarangan Nol dulu ketika dinyatakan sukses barulah bergerak ke pilar yang lainnya.

Adapun 5 pilar STMB tersebut yakni, Stop Buang Air Besar Sembarangan/Stop BABS, Cuci Tangan Pakai Sabun/CTPS, Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga/PAM-RT, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, dan Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga.

Sertu Urip dalam kesempatannya mengatakan, "kami TNI dalam hal ini Kodim 1612/Manggarai sangat mendukung kegiatan Road Show ini, kami siap untuk melakukan setiap kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan serta membudidayakan hidup sehat, dimana nantinya kami bersama sama dengan Bhabinkamtibmas, para Pokja AMPL serta teman teman PLAN siap melakukan pendampingan serta pelatihan terkait dengan kegiatan Road Show STBM ini," ucapnya. (Kodim 1612/Manggarai)


KEMBALI
CARI BERITA UTAMA
TEMUKAN JUGA KAMI DI