Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
TMMD Ke 102 Resmi Dibuka, Warga Antusias Ikuti Upacara Pembukaan
08:14:21, 11/07/2018 BERITA UMUM
TMMD Ke 102 Resmi Dibuka, Warga Antusias Ikuti Upacara Pembukaan

 

Dalam memulai kegiatan perlu dilakukan upacara pembukaan untuk memberikan gaung  sehingga masyarakat dapat mengetahui. Hal ini terlihat pada antusias warga saat mengikuti Upacara Pembukaan TMMD Ke 102 TA. 2018 Kodim 1617/Jembrana yang dilaksanakan Selasa (10/07), bertempat di Lapangan Umum Desa Delod Brawah, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali.

TMMD dengan tema "Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial" yang diselenggarakan oleh Kodim1617/Jembrana tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Jembrana I Putu Arta S.E., M.M., yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jembrana membacakan sambutan Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika yang mengatakan bahwa TMMD dilaksanakan dalam upaya untuk pemberdayaan masyarakat, sekaligus membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan.

Keterlibatan TNI dalam pembangunan di desa pada hakikatnya merupakan bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat harus tetap terpelihara dengan baik dalam mengakselerasi proses pembangunan di desa.

Menurut Gubernur Bali hal ini selaras sebagaimana yang menjadi amanat pada butir ke 3 dari Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran atau dari desa.

Perubahan mendasar dalam sikap dan mental yang Iebih dikenal dengan istilah Revolusi Mental yang diikrarkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 lalu merupakan suatu gerakan secara menyeluruh dan harus dimaknai sebagai suatu gerakan fundamental baik dari cara pandang, cara pikir dan cara kerja segenap elemen bangsa yaitu tataran pemerintah, TNI sebagai wahana keamanan dan ketertiban bangsa serta seluruh lapisan masyarakat yang dituangkan dalam 3 (tiga) pilar revolusi mental yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong.

Melalui moment seperti ini diharapkan dapat memotivasi dan memperkuat upaya kita dalam memberdayakan masyarakat sebagai pelaku atau subyek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, beretos kerja dan memiliki gotong royong tinggi, yang pada akhirnya akan mempercepat jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional, khususnya di Provinsi Bali.

Tentara Nasional Indonesia sebagai salah satu komponen negara dalam hubungannya dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah, menjadikan kegiatan-kegiatan seperti ini sebagai bagian dari perwujudan amanat Undang-undang Pemerintah Daerah yang salah satu klausulnya menyatakan bahwa dalam melaksanakan urusan tugas pemerintahan umum, kepala daerah dibantu oleh instansi vertikal.

Sehubungan hal tersebut kegiatan TMMD seperti ini sangatlah kontekstual dengan perkembangan dan tuntutan akan berbagai perubahan yang sedemikian kompleksnya dalam penyelenggaraan pemerintah daerah saat ini.

Harapan Gubernur adalah mengajak segenap komponen bangsa khususnya masyarakat Bali, bersama komponen TNI, untuk bersama-sama membulatkan tekad dalam rangka meningkatkan kualitas pengabdian kepada daerah yang kita cintai ini sesuai kapasitas masing-masing melalui kebersamaan dan semangat gotong royong dalam menjaga ketahanan masyarakat, untuk dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Upacara  Pembukaan TMMD tersebut secara resmi dtandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Jembrana didampingi oleh oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh Albertus Magnus Suharyadi, S.I.P., M.Si. dan unsur FKPD Kabupaten Jembrana.

Dalam laporan kesiapan penyelenggaraan TMMD TMMD Ke 102, Dandim 1617/Jembrana menyampaikan sasaran fisik yang dikerjakan antara lain

pembentukan jalan rabat beton sepanjang sepanjang 800 Meter yang menghubungkan Desa Delod Brawah dengan Desa Yeh Kuning dimana jalan yang dibangun merupakan sasaran obyek vital dalam mendukung roda perekonomian warga di antara dua desa tersebut. Ada juga pembuatan MCK, bedah rumah serta tempat penurunan kerbau dan kegiatan beraifat non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan, dengan alokasi anggaran sebanyak 1 Milyar Rupiah dari Anggaran Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Selesai upacara Pembukaan Bupati bersama rombongan melaksanakan peninjauan lokasi Stan Bazzar murah, Donor Darah dan Pameran Kerajinan bertempat di  sekitar lapangan upacara serta meninjau pembangunan MCK dan bedah rumah.

Sejumlah undangan hadir pada Upacara Pembukaan TMMD Ke 102 TA. 2018 ini, antara lain Danrem 163/WSA, Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, LO TNI AL, Para Kabalak Kodam IX/Udayana, Para Wakil Asisten Kasdam, Para Dandim Jajaran Korem 163/WSA, Perwakilan OPD Pemkab Jembrana, Kapolres Jembrana,  Perwakilan Kapolsek Jajaran Polres Jembrana, Para Camat, Kepala Desa Delod Brawah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat setempat dan undangan lain sekitar 1.000 orang.


KEMBALI