Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Sambut Hari Juang Kartika ke 73, Korem 162/WB Gelar  Reboisiasi 5000 Pohon di Kuripan
11:34:40, 06/12/2018 BERITA UMUM
Sambut Hari Juang Kartika ke 73, Korem 162/WB Gelar  Reboisiasi 5000 Pohon di Kuripan

Dalam Rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 73 tahun 2018 tanggal 15 Desember mendatang, Korem 162/WB menggelar penghijaun (Reboisasi) di Dusun Tunggu Lawang Desa Kuripan Selatan Kecamatan Kediri Lombok Barat, Rabu (5/12).   

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Staf Korem Letnan Kolonel Inf Endarwan Yansori menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan ini selain dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-73 Tahun 2018, juga sebagai upaya untuk mengatasi pemanasan global. 

Kasrem mengungkapkan bahwa pola cuaca yang tidak menentu dan ekstrim ini banyak menimbulkan wabah penyakit endemik lama dan baru yang merata dan terus bermunculan seperti demam berdarah, diare, dan malaria, serta masih banyak lagi dampak negatif dan kontra produktif yang terjadi akibat dari pemanasan global.

"Selain itu kita ketahui bersama setiap memasuki musim hujan dibeberapa wilayah lebih khusus di Provinsi NTB sering mengalami Banjir maupun tanah longsor ini semua karena banyaknya hutan kita yang gundul karena ulah pihak pihak yang tidak bertanggungjawab tidak memimikirkan dampaknya ditambah lagi alih fungsi hutan yang tidak semestinya hal ini menjadi bagian persoalan yang menjadi tugas kita semua untuk mencari jalan keluarnya," tegasnya.

Dilanjutkannya, berbagai upaya penyelamatan harus dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan melalui konservasi serta reboisasi dan penghijauan yang tidak boleh ditunda lagi semua ini menjadi tanggungjawab kita bersama.

"Untuk itu pada kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat baik yang hadir pada hari ini,maupun masyarakat NTB secara umum mari kita terus melakukan penghijauan di daerah atau lahan hutan lindung/Konservasi," ajak Kasrem.

Lingkungan yang kosong dan tandus untuk membudayakan menanam pohon termasuk dilingkungan tempat tinggalnya atau pekarangan rumah masing-masing, karena sangat memiliki manfaat ganda bagi manusia dan lingkungan,yang akan menjadi warisan yang tak ternilai bagi anak cucu kita dikemudian hari.

Mengakhiri sambutannya, Danrem menegasakan penghijauan dengan penanaman 5000 pohon ini dilandasi dengan kesadaran untuk melakukan rehabilitasi dan perbaikan lingkungan akibat merosotnya kualitas lingkungan yang telah kita rasakan bersama diberbagai wilayah di Indonesia khususnya di wilayah NTB.

Aksi penanaman 5000 pohon ini melibatkan ratusan personel TNI, PNS, Pemdes Kuripan Selatan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat setempat dengan harapan tamanan bisa bermanfaat bagi generasi penerus dalam menciptakan kelestarian lingkungan  yang sehat dan asri. (Penrem 162/WB)


KEMBALI