Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Resmikan Pompa Hidram, Bupati Alor Berterima Kasih Kepada Pangdam IX/Udayana
16:07:57, 29/11/2021 BERITA UMUM
Resmikan Pompa Hidram, Bupati Alor Berterima Kasih Kepada Pangdam IX/Udayana

Alor - Wilayah Kabupaten Alor teridiri dari 158 Desa/Kelurahan dan 18 Kecamatan dengan topografi yang bergunung-gunung membuat banyak desa yang mengalami kesulitan terutama untuk mendapatkan air bersih. Namun dengan teknologi sederhana yakni pompa hidram, kini masyarakat di beberapa desa sudah bisa menikmati air bersih termasuk Desa Alila Selatan.

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa, topografi Alor cukup sulit dan memang sulit. Pihaknya mengakui bahwa pembangunan pompa hidram di beberapa desa termasuk Desa Alila Selatan ini cukup sulit dan sangat menantang, dimana lokasinya tidak ada yang tempatnya datar-datar saja, tetapi didalam lembah dan dinding tebing yang tinggi.

Sebanyak 10 titik dikerjakan oleh para Babinsa yaitu 1 titik di Desa Mataru Utara sudah diresmikan, 1 titik di Desa Tasi dan 1 titik di Desa Nailang siap diresmikan. 1 titik di Desa Ptobur Utara, 1 titik di Kelurahan Kelaisi Timur, dan 2 titik di Desa Kafelulang dalam pengerjaan, dan 2 titik di Desa Lekom dalam pendropingan bahan material. Sedangkan 1 titik yang akan diresmikan hari ini disini.

Semua ini butuh perjuangan dan kerja keras dari para Babinsa bersinergi dengan masyarakat yang dilakukan tanpa kenal lelah di waktu siang maupum malam harus naik turun jurang mensukseskan pembangunan pompa tersebut hanya untuk mengatasi kesulitan masyarakat.

"Luar biasa antusias masyarakat membantu kami dalam bekerja, bahkan harus mengorbankan segala seuatu guna mendukung keberhasilan pompa hidram sehingga mengubah air mata menjadi mata air atau sumber air sudah dekat", ucap Dandim disambut dengan tepuk tangan masyarakat.

Dandim mengingatkan kepada Babinsa dan masyarakat agar rutin melakukan pengecekan dan pemeliharaan pompa hidram ini sehingga usia pakainya berlangsung lama dan kesulitan itu tidak hanya sebentar terjawab. Karena tujuan dibangunnya pompa hidram untuk dapat mengatasi kesulitan air bersih.

Perlu diketahui bahwa, semua yang dikerjakan oleh TNI di masyarakat, tujuannya adalah tercipta kebersamaan TNI dengan masyarakat atau kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan perwujudan 8 Wajib TNI yakni salah satunya memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Lanjut disampaikan Dandim, Pangdam IX/Udayana sangat peduli dengan kesulitan masyarakat terutama air bersih. Karena selain dimanfaatkan untuk mandi dan konsumsi kebutuhan warga sehari-hari, juga diharapkan untuk membantu petani untuk pertanian dan peternakan di wilayah. Selain itu, diharapkan masyarakat budayakan menanam dan menanam pohon. Selain melestarikan dan menghijaukan lingkungan atau hutan, tetapi ikug menjaga alam dan air. Untuk memotivasi masyarakat ikut menjaga alam dan air, maka tanggal 3 Desember nanti akan dilaksanakan menanam pohon serentak yang diprakarsai oleh Kodam IX/Udayana.

Disinggung juga oleh Dandim, kehadiran pompa hidram ini menandakan bahwa Kodim 1622/Alor sangat serius dan mendukung program pemerintah daerah seperti Alor kenyang, Alor sehat, dan Alor pintar.

"Di Alila Selatan ini kalau ingin dapatkan air 5 liter maka harus berjuang turun naik gunung. Tapi sekarang sudah tidak lagi demikian, karena sumber air sudah dekat. Anak-anak sekolah sudah banyak waktu untuk belajar karena tidak membuang waktu hanya demi 5 liter air", cetus Dandim disambut tepuk tangan.

Lebih lanjut disampaikan Dandim, hari ini merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga besar Kodim 1622/Alor karena dapat melihat masyarakat Desa Alila Selatan tersenyum dengan kehadiran pompa hidram merubah air yang sudah lama mengalir dari gunung ke laut, sekarang sudah bisa naik ke gunung untuk menghapus air mata yang selama ini menanti-nanti. Kesulitan masyarakat ini menjadi pergumulan Kodim 1622/Alor yang juga sesuai dengan tugas-tugas TNI sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugasnya melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang.

"Kami merasa bangga melihat masyarakat sudah bisa menikmati air. Pesan kami, jangan ribut-ribut hanya karena gara-gara air. Jadikan air sebagai penyejuk yang menyejukan hati untuk menghapus air mata selama ini", pesan Dandim diakhir sambutannya.

Sementara Bupati Alor Drs. Amon Djobo melalui Kepala Bapelitbang Kabupaten Alor Obet Bolang mengawali sambutanya menyampaikan terimakasih pemerintah daerah kepada Pangdam IX/Udayana bersama Dandim 1622/Alor dan seluruh jajarannya, telah berupaya tanpa pamrih untuk membantu mensejahterakan masyarakat di sebagian daerah ini.

"Bapak Dandim ini kami dengar dari masyarakat hampir setiap hari keliling masuk keluar desa-desa bersama dengan Danramil dan Babinsa Babinsa, ternyata hanya untuk melakukan suvei sumber air di desa-desa yang kesulitan air bersih. Kalua kita masuk ke bicara politik maka menjadi saingan berat bagi orang Alor. Tetapi yang mau saya katakan disini bahwa itulah seorang prajurit TNI yang selalu mengabdikan diri untuk bangsa dan rakyatnya. Kami rakyat Alor mendoakan Bapak Dandim kedepan selalu sukses dalam tugas dan akrier", ucap Obet disambut tepuk tangah masyarakat.

Diakhir sambutannya, Kapala Bapelitbang akhiri dengan memohon penyertaan dan rahmad dari Tuhan Yang Maha Esa dengan mersmikan pompa hidram ditandai dengan pengguntingan pita.


KEMBALI