Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Profesional Kebanggaan Rakyat, Kodim Tabanan Gelar Apel Danramil dan Babinsa Tersebar
14:11:58, 05/12/2019 BERITA UMUM
Profesional Kebanggaan Rakyat, Kodim Tabanan Gelar Apel Danramil dan Babinsa Tersebar

Tabanan - Kodim 1619/Tabanan laksanakan Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA. 2019 di wilayah Kodim 1619/Tabanan dengan tema "Danramil dan Babinsa Profesional Kebanggaan Rakyat" di Makodim 1619/Tabanan, pada Rabu (4/12/2019).

Dandim 1619/Tabanan pada sambutannya yang dibacakan oleh Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Dewa Putu Oka menyampaikan bahwa Binter sebagai fungsi utama TNI AD diselenggarakan oleh seluruh satuan  jajaran TNI AD mencerminkan hakikat dan kedudukannya sebagai alat pertahanan negara di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Oleh karena Binter sebagai fungsi utama TNI AD, maka peran, tugas pokok dan fungsi TNI AD, diarahkan juga untuk meningkatkan kemampuan prajuritnya guna mewujudkan profesionalitas keprajuritan tingkat perorangan maupun satuan dalam rangka menyelenggarakan Binter dan memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat guna mendukung tugas pokok TNI AD," tegas Dandim.

Upaya terus digalakkan dalm meningkatkan kemampuan aparat komando kewilayahan di tingkat Koramil, khusunya para Babinsa sebagai pelaksana Binter di tingkat Desa. Dimana Babinsa merupakan ujung tombak dan orang pertama dalam barisan TNI AD yang langsung turun di tengah-tengah masyarakat, manakala masyarakat membutuhkan.

Pola pendekatan, merupakan salah satu strategi pembinaan teritorial (Binter) untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Selain itu, juga untuk lebih memperarat hubungan antara Babinsa selaku aparat kewilayahan, dengan warga masyarakat sebagai sasaran pembinaan. 

"Saya berharap, para babinsa mengetahui sekecil apapun permasalahan yang ada di wilayah binaannya. Jangan sampai babinsa justru tidak mengetahui konflik yang terjadi di wilayah binaanya," tutur Dandim.

Jaga kesehatan dengan cara melaksanakan pembinaan fisik secara teratur. Hal ini sangat diperlukan, mengingat tugas kedepan tidak semakin mudah. Namun semakin sulit dan kompleks.

"Untuk itu, tidak hanya diperlukan kecerdasan dan mental yang kuat. Tapi, dibutuhkan fisik yang kuat juga. Akhirnya, marilah kita berdoa semoga semua ikhtiar kita ini mendapat ridho dan petunjuk dari tuhan yang maha kuasa, sebagai wujud pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara indonesia yang kita cintai bersama," tutupnya

Kegiatan apel Danramil dan Babinsa ini dilaksanakan setiap akhir tahun yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menambah kemampuan  Danramil dan Babinsa dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di wilayah masing-masing, kegiatan dilanjutkan dengan Penyajian materi oleh pemberi materi. (Kodim 1619/Tabanan)


KEMBALI