Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Presiden RI Akan Kunjungi Labuan Bajo, Korem 161/WS Adakan Apel Gelar Pasukan Pam VVIP
14:16:37, 14/10/2021 BERITA UMUM
Presiden RI Akan Kunjungi Labuan Bajo, Korem 161/WS Adakan Apel Gelar Pasukan Pam VVIP

Manggarai Barat - Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi perhatian nasional bahkan dunia, oleh karena itu pada hari ini, Rabu (13/10/2021) di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Aparat TNI-Polri melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kunjungan Kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Dalam Kunjungan Kerja Presiden RI ini, rencananya akan melaksanakan peresmian 3 (Tiga) tempat di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, yaitu di Pelabuhan Wae Kelambu, Puncak Waringin dan di Hotel Mourora Labuan Bajo.

Selaku Pangkogasgab Pam VVIP Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S. I. P., M.M., sebagai Dansatgas PAM VVIP Wilayah NTT menyampaikan bahwa setiap pengamanan VVIP harus diperlakukan sebagai operasi baru.

"Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP ini harus selalu kita mulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas dalam pengamanan VVIP," ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkannya bahwa Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan Satgas Pengamanan VVIP yang disiapkan baik secara perorangan maupun satuan serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing unsur Satgas maupun langkah dan tindakan yang diambil dalam mengatasi persoalan harus sesuai dengan Protap Pengamanan VVIP yang berlaku, serta untuk memastikan sinergitas dan kerjasama antar unsur pengamanan yang terlibat.

"Koordinasi dan komunikasi antar unsur pengamanan harus terus dilakukan demi kelancaran pelaksanaan tugas, apabila terjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas maka akan dapat segera diatasi dengan sebaik-baiknya," tuturnya.

Selaku Pangkogasgab Pam VVIP, Pangdam juga menekankan agar mengutamakan faktor keamanan personel dan materiil serta selalu melaksanakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 dan menerapkan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak.

Usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaaan Geladi Rangkaian Kegiatan yang dilakukan di Bandara, Pelabuhan dan Hotel kemudian Puncak Waringin. Adapun peserta Apel Gelar Pasukan ini terdiri dari unsur TNI dan Polri, Pemerintah Daerah serta unsur pendukung lainnya.


 


KEMBALI