Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Pompa Hidram Diresmikan Dandim Alor, Camat Lembur Sampaikan Salam Hormat Kepada Pangdam IX/Udayana
16:09:48, 29/11/2021 BERITA UMUM
Pompa Hidram Diresmikan Dandim Alor, Camat Lembur Sampaikan Salam Hormat Kepada Pangdam IX/Udayana

Alor - Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag, meresmikan pompa Hidram yang merupakan ide cemerlang Pangdam IX/Udayana untuk mengatasi dan penyediaan air bersih di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur termasuk di Kabupaten Alor.

Kepala Desa Tasi Obet Kamesa dalam menyampaikan sapaan dan suara hati masyarakat mengungkapkan rasa hormat dan terimakasih yang tulus kepada Pangdam IX/udayana bersama Dandim 1622/Alor beserta jajarannya.

"Kami sangat berterima kasih kepada Tuhan karena telah menghadirkan pemimpin-pemimpin yang sangat paham permasalahan rakyat. Karena itu, besar hatapan kami, kiranya Pangdam IX/Udayana bisa memberikan tambahan pompa hidram bagi masyarakat di Desa Tasi", pinta Obet.

Camat Lembur Isak Samau, dalam sambutannya juga menyampaikan salam hormat dan ucapan terimakasih kepada Pangdam IX/Udayana melalui Dandim 1622/Alor bahwa masyarakat hingga saat ini belum mengenal dan bertemu dengan Pangdam IX/Udayana, tetapi bantuan pompa hidram hari ini sudah dinikmati oleh masyarakat.

"Biasanya kalau kita kenal orang dan orang kenal kita baru dia kasi sumbangan atau bantuan. Tetapi TNI lain dari yang lain. Mereka membantu masyarakat tanpa ada hubungan persahabatan, kekeluargaan, suku dan lain sebagainya. Itulah TNI hadir untuk rakyat", ucap Samau.
 
Dandim dalam arahannya memgungkapkan bahwa, di wilayah Kodim 1622/Alor terdapat 10 titik pemasangan pompa hidram, dan salah satunya adalah di Desa Tasi, Kecamatan Lembur, Kabupaten Alor sebagai titik ke 3 yang akan diresmikan hari ini, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

"Pompa hidram di Desa Tasi ini ceritanya cukup panjang karena selesai dibangun namun sempat terputus akibat badai Seroja. Perjuangan panjang dan melelahkan bagi para Babinsa maupun masyarakat. Hari ini kami bangga dan terharu, karena semuanya terhapus sudah dengan keberhasilan melalui peresmian ini", tutur Dandim.

Sebagaimana diketahui juga bahwa, TNI, Polri dan Pemerintah, hadir dimasyarakat sebagai representasi dari negara. Bahwa negara hadir untuk rakyat, negara hadir untuk memberikan keadilan dan kesejahteraan. Meskipun semuanya bertahap.

"Jadi kami hadir, baik jajaran Peemerintahan, TNI dan Polri, ingin membawa masyarakat lebih sejahtera", ujar Dandim.

Tugas dan fungsi TNI dalam pertahanan dan keamanan negara diperjelas dalam tugas pokok TNI sesuai UU 34 Tahun 2004, dimana TNI melaksanakan Operasi Militer untuk Perang (OMP), dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dengan OMSP ini TNI hadir untuk membantu pemerintah daerah.

"Bangun pompa hidram ini, Dandim hanya sutradaranya dan para Babinsa pelakunya. Dandim tugasnya berpikir dan mendorong agar pekerjaan pompa hidram berjalan aman, lancar, dan tetap waktu. Sedangkan para Babinsa harus bekerja siang dan malam, naik turun lembah", cetusnya.

Ditambahkan Dandim, pembangunan pompa hidram ini merupakan bantuan dari Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, untuk membantu pemerintah daerah guna meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih baik untuk memasak, mandi, mencuci dan lainnya.

"Untuk diwilayah Kodam IX/Udayana sudah diberikan sebanyak 200 titik yaitu malai dari Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur", ungkap Dandim.

Diakhir sambutannya, Dandim berharap kepada warga masyarakat, agar dapat merawat dan memelihara pompa hidram ini, sehingga memiliki masa pakai yang lama dan nantinya dinikmati oleh anak cucu kedepan. Selain itu, masyarakat harus menanam pohon hijaukan lingkungan dan hutan sehingga alam dan air semuanya terjaga seperti program dari Pangdam IX/Udayana yaitu Gerakan Jaga Alam dan Air atau (Gejala).

"Saya titipkan pompa hidram ini untuk dijaga, dirawat, dan dipelihara sehingga usia pakainya panjang", tutup Dandim.


KEMBALI