Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Pelda Arsana Komunikasi Sosial Lewat Tari Topeng
16:43:04, 13/12/2019 BERITA UMUM
Pelda Arsana Komunikasi Sosial Lewat Tari Topeng

Badung - Ibarat petuah bijak yang sering kita dengarkan bahwa hidup kita harus dapat bermanfaat bagi masyarakat lingkungan kita. Terlebih bila kita memiliki kemampuan dan ada waktunya untuk kita sumbangsihkan atau membantu orang lain.

Hal ini dilakukan dan diimplementasikan oleh Babinsa Petang, Koramil 1611-06/Petang Pelda Arsana, dimana yang bersangkutan di samping menjadi seorang anggota militer dengan tugasnya di komando kewilayahan, ternyata Pelda Arsana adalah seorang penari Topeng Bali utamanya menarikan tarian Topeng Panca yang merupakan tari wali yang dipentaskan serangkaian pada upacara piodalan (perayaan) di Pura ataupun di Pemerajan/Sanggah.

Seperti pada Hari Rabu Kliwon Wuku Sinta yang merupakan Hari Raya Pagerwesi dan serangkaian Piodalan di Sanggah/Pemeranjan I Ketut Wenten, warga Banjar Petang Kelod. Pelda Arsana bersama dua rekannya menarikan Tari Topeng Panca yang merupakan kelengkapan rangkaian upacara piodalan tersebut selain ada tetabuhan gong, nyanyian kekawin dan Wayang Gedog.

Pelda Arsana menuturkan, apa yang dilakukannya sebagai bagian tugas dan upaya membantu warga masyarakat yang saat ini ada kegiatan keagamaan.

"Kebetulan saya dan bersama dua rekan lainnya mempunyai kemampuan menari Topeng terlebih untuk kegiatan upacara piodalan, kita bantu warga kita dan ini ada di wilayah binaan saya sebagai Babinsa", ungkapnya.

Sesungguhnya juga ini sebagai wujud nyata pembinaan teritorial yang dilakukan Babinsa melalui metode komunikasi sosial (Komsos) mendekatkan diri dengan warga masyarakat sesuai kemampuan yang kita miliki dan manfaatnya dirasakan.

"Ampura tyang berkomsos lewat menari dan tyang seneng yen wenten kekaryan sekadi punikii", ungkapnya (mohon dimaklumi saya berkomsos lewat menari dan saya senang untuk kegiatan seperti ini, red).

Di lingkungan Kodim 1611/Badung dan Korem 163/Wira Satya, Pelda Arsana memang sudah cukup dikenal sebagai penari Topeng yang handal yang sudah sering melakukan ngayah menarikan Topeng Panca bila ada upacara piodalan seperti di Pura Ksatria Raksa Buana Korem 163/Wira Satya pada Purnama Sasih Kelima lalu.

Dirinya mengaku senang bila dapat ngayah menari karena bisa membantu orang lain sekaligus untuk lebih mengasah kemampuan menarinya.

Sang tuan rumah I Ketut Wenten sangat berterima kasih kepada Babinsa Pelda Arsana yang sudah terlibat dalam rangkaian piodalan di Sanggah/Pemerajannya menarikan Tari Topeng Panca.

Kebersamaan kita dengan Babinsa maupun aparat lainnya sudah seperti ikatan keluarga yang setiap saat saling membantu dan bergotong-royong untuk berbagai kegiatan utamanya di desa. (Kodim 1611/Badung)


KEMBALI