Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Menambah Pengetahuan di Tengah Covid-19, TNI Buat Perpustakaan Mini Untuk Anak Perbatasan
17:20:48, 22/02/2021 BERITA UMUM
Menambah Pengetahuan di Tengah Covid-19, TNI Buat Perpustakaan Mini Untuk Anak Perbatasan

Belu - Kepedulian personel pos Maubusa Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB dalam upaya menambah pengetahuan dan minat baca bagi anak-anak di perbatasan RI-RDTL dibuktikan melalui konsistensi membuat perpustakaan mini yang terletak di bawah menara pemantau dan masih berada di lingkungan Pos Maubusa, desa Asumanu kecamatan Raihat, kabupaten Belu, NTT.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf Alfat Denny Andrian dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (20/02/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa saat  ini di Indonesia sudah banyak provinsi yang menerapkan new normal karena situasi pandemi Covid-19 saat ini, dimana berdampak pada aktivitas dan pekerjaan menjadi dibatasi seperti sekolah tempat belajar dan mengajar di sekolah bagi anak perbatasan demi mencegah rantai penyebaran Covid-19.

"Di sini Pos Maubusa Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif RK 744/SYB Membuat perpustakaan mini untuk meningkatkan kembali  minat baca dan menambah wawasan dalam belajar anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah karena alasan proses belajar mereka tidak teratur atau di batasi," jelasnya.

Terpisah dari itu, Danpos Maubusa Sertu I Ketut Mahadi Eka Darma A.S juga mengatakan bahwa perpustakaan awalnya di buat di lopo-lopo di dalam pos Maubusa namun karena kondisi lopo-lopo tersebut mengalami sedikit kerusakan dan kurang layak yang diakibatkan karena seringnya terkena hujan sehingga perpustakaan mini digelar di bawah Menara pemantau.

"Masih sama seperti konsep sebelumnya, tempat tersebut digunakan sebagai sarana tempat belajar buat anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, dimana perpustakaan tersebut merupakan sarana pusat belajar dan menambah wawasan bagi anak anak perbatasan," tuturnya.

"Kami menyiapkan hampir 100 buku bacaan jumlahnya, yang terdiri dari buku fiksi dan non fiksi, dan berharap semoga perpustakaan ini bisa menambah motivasi dan nilai kejuangan generasi muda,” ucap Danpos Maubusa.

Lanjut Danpos, Anak-anak merasa sangat senang dan bahagia karena bukan hanya membaca buku namun bisa sambil bertanya kepada anggota Satgas mengenai pelajaran yang belum mereka ketahui  sehingga pengetahuan mereka menjadi luas. Hal itu bisa berguna demi meningkatkan dan mengembangkan daerah itu di masa mendatang dan saat ini hampir setiap hari anak-anak datang membaca ke perpustakaan tersebut.

Personel pos Maubusa juga membagikan masker gratis kepada anak-anak yang datang dan belajar di perpustakaan mini milik pos Maubusa tersebut.

Salah seorang anak SD Beitaus Asumanu Jihan Bere (11) merasa senang karena adanya perpustakaan mini di pos Maubusa.

"Di perpustakaan ini kami semua bisa menambah wawasan dan pengetahuan kami dalam belajar, terima kasih abang-abang TNI dari pos Maubusa," ucapnya senang. (Satgas Yonif RK 741/SYB)


KEMBALI