Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Kodam IX/Udayana Tingkatkan Iman dan Taqwa Melalui Peringatan Nuzulul Qur'an
09:00:19, 24/05/2019 BERITA UMUM
Kodam IX/Udayana Tingkatkan Iman dan Taqwa Melalui Peringatan Nuzulul Qur'an

Denpasar - Bertempat di Musholla Makodam IX/Udayana pada Rabu (22/05/2019), Kodam IX/Udayana menggelar acara Peringatan Nuzulul Qur'an yang mengandung makna, bahwa Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT sebagai perwujudan nikmat dan kasih sayang Allah SWT kepada umat manusia.

Di Indonesia setiap tanggal 17 Ramadhan, biasanya dilakukan ceramah atau pengajian khusus bertemakan Nuzulul Qur'an. Dilihat dari bulan puasa selama sebulan penuh, maka turunnya Al Quran terjadi pada bulan Ramadhan.

Acara yang bertemakan “Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1440 H/2019 M Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Prajurit dan PNS Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Kodam IX/Udayana”, tersebut dibuka oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dan menghadirkan penceramah dari Kementerian Agama Kota Denpasar yaitu Bapak Uztad Hamim, S.Ag., M.Pdi.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana menyampaikan, bahwa memahami makna Nuzulul Qur’an, harus memahami dulu bahwa Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT sebagai perwujudan nikmat dan kasih sayang maupun rahman Allah SWT kepada manusia, sebelum Allah SWT  menyebutkan kenikmatan-kenikmatan lain seperti nikmat sehat, nikmat terciptanya alam semesta, matahari dan sebagainya. 

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, sebagai salah satu bentuk syukur pentingnya Al-Qur’an bagi hidup manusia dan upaya lebih memaknai peringatan Nuzulul Qur’an, maka kita harus dapat menempatkan Al-Qur’an sesuai dengan esensi diturunkannya Al-Qur’an oleh Allah SWT. Untuk itu, Al-Qur’an harus dijadikan sebagai referensi dalam membina seluruh potensi yang diberikan Allah SWT kepada kita, baik potensi jasad, potensi akal, potensi qolbu atau potensi jiwa agar biasa hidup berbahagia baik di dunia maupun di akhirat.

Pangdam menekankan kepada seluruh Prajurit dan PNS Jajaran Kodam IX/Udayana khususnya Umat Muslim, agar lebih memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an, bukan sekedar diagungkan saja. Melainkan harus membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an, mengaji bersama-sama, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an secara baik dan benar, maka dapat memantapkan disiplin dan profesionalisme kita sebagai abdi negara, tambah Pangdam.

Selanjutnya Bapak Uztad Hamim, S.Ag., M. Pdi., dalam ceramahnya pada intinya menjelaskan tentang implementasi dalam memaknai peringatan Nuzulul Qur’an di Bulan Suci Ramadhan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan khususnya kepada Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana dalam rangka mendukung tugas pokok. 

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udy,  Asrendam IX/Udy, Para Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy dan Para Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Kodam IX/Udy. (Pendam IX/Udy)


KEMBALI