Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Jelaskan Pompa Hidram dan Ayam KUB, Pangdam Coffee Morning Bersama Insan Media
16:41:56, 24/09/2021 BERITA UMUM
Jelaskan Pompa Hidram dan Ayam KUB, Pangdam Coffee Morning Bersama Insan Media

Denpasar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menjelasakan kegiatan yang saat ini dilaksanakan oleh Kodam IX/Udayana terutama pada kegiatan Non Program yakni pemasangan Pompa Hidram, budidaya pemeliharaan Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) dan dan Sumur Bor.

Penjelasan tersebut disampaikan Pangdam pada saat Coffee Morning bersama rekan media cetak, elektronik dan online di Media Center Udayana Jalan Melati No 1 Denpasar Bali, pada Jumat (24/9/2021).

Kodam IX/Udayana telah mengupayakan melalui pembangunan pompa hidram dengan memanfaatkan sumber air atau titik sumber air yang ada untuk dialirkan menuju tempat yang mudah dijangkau masyarakat yang membutuhkan terutama di daerah pedesaan yang kesulitan mendapatkan air bersih.

"Sampai saat ini sudah terpasang 150 Pompa Hidram di wilayah Bali-Nusra. Perlu diketahui juga, Pompa Hidram ini adalah salah satu kegiatan non program yang didukung oleh Kementerian PUPR", ungkap Pangdam.

Selanjutnya Pangdam juga menjelaskan budidaya pemeriharaan Ayam KUB yang diseleksi dengan tujuan untuk ayam petelur dan menjadi indukan penghasil DOC (Day Old Chicken) yang banyak untuk memenuhi kebutuhan ayam kampung.

"Ayam KUB menjadi lebih unggul dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Keunggulannya adalah jumlah telur yang dihasilkan lebih banyak dan sifat mengeramnya berkurang sehingga cepat bertelur kembali," jelas Pangdam.

Sampai saat ini budidaya pemeliharaan ayam KUB ini sudah yang ketiga kalinya (Tahap III) dan dibagikan kepada Kodim-Kodim Jajaran Korem 161/WB, 162/WS dan 163/WSA termasuk juga untuk Satpur Jajaran Kodam IX/Udayana. (Pendam IX/Udy)


KEMBALI