Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Irdam IX/Udayana Pimpin Entry Meeting Wasrik Post Audit
17:32:37, 22/02/2021 BERITA UMUM
Irdam IX/Udayana Pimpin Entry Meeting Wasrik Post Audit

Denpasar - Kegiatan pengawasan merupakan bagian dari suatu sistem dalam manajemen modern dan juga sebagai sarana pengendalian kegiatan organisasi dalam rangka untuk berusaha merubah menjadi lebih baik.
 
Demikian disampaikan Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Dr. Arudji Anwar, S.H., M.H., pada acara entry meeting Wasrik Post Audit Itdam IX/Udayana melalui Vidcon, pada Senin (22/2/2021) bertempat di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana, Denpasar.
 
Lebih lanjut Irdam IX/Udayana menyampaikan bahwa implementasinya di lingkungan Kodam IX/Udayana dilaksanakan oleh Inspektorat Kodam (Itdam) IX/Udayana sebagai badan pengawas internal pemerintah sesuai dengan tugas pokoknya yaitu membantu Pangdam di bidang pengawasan umum serta pengawasan perbendaharaan Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas.
 
Diungkapkan Irdam, bahwa kegiatan Post Audit Itdam IX/Udayana di wilayah Bali akan dilaksanakan mulai Hari Senin (22/2/2021) sampai dengan tanggal 12 April 2021, dengan tujuan untuk melihat apakah Program Kerja dan Anggaran Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana telah dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran program satuan.
 
“Dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan Post Audit kali ini, marilah kita ciptakan suasana kerja yang harmonis, saling ada keterbukaan, saling percaya dan komunikasi timbal balik yang baik. Karena pada dasarnya kita merupakan komponen dari sistem organisasi Kodam IX/Udayana yang sama-sama mempunyai tanggung jawab terhadap nama baik Kodam IX/Udayana sesuai bidang tugasnya masing-masing,” tegas Irdam.
 
Pada Post Audit ini, pengawasan dititikberatkan pada pelaksanaan Progja dan Anggaran Tahun 2020 diantaranya pengelolaan hibah, daya serap anggaran, dana bantuan penanganan Covid-19, pemanfaatan BMN, penanganan proses pelanggaran personel, kesesuaian pertanggungjawaban keuangan dengan akun diva yang dimiliki, pelaksanaan latihan satuan, pertanggungjawaban BPD, pengadaan barang, uang makan, Kodal dan lain sebagainya.
 
Dengan diketahuinya pengecekan Post Audit ini, Irdam berharap upaya pengawasan yang dilaksanakan Itdam IX/Udayana akan mampu untuk meminimalisir, memperkecil hasil temuan dari tim pengawas. Apabila dalam pelaksanaannya masih ditemukan hal-hal yang belum sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, diminta agar seluruh entitas agar bergerak cepat melaksanakan perbaikan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh para Pengawas Audit Itdam IX/Udayana.
 
“Pada pelaksanaan Karen Audit oleh Tim Itjenad pada Tahun 2020, Kodam IX/Udayana mendapatkan apresiasi yang sangat positif yang disampaikan pada saat penutupan taklimat akhir pada beberapa waktu yang lalu. Oleh karenanya, mudah-mudahan pada pelaksanaan Post Audit nantinya yang akan mengorek semua program di Tahun 2020 akan menemukan hal yang sama,” tutup Irdam.
 
Acara yang diikuti oleh seluruh Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana di wilayah Bali tersebut, dalam pelaksanaanya di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana dihadiri oleh seluruh staf Itdam IX/Udayana serta diikuti juga oleh Asrendam IX/Udayana dan Para Asisten Kasdam IX/Udayana di ruangan kerjanya masing-masing. (Pendam IX/Udy)


KEMBALI