Tekan ENTER untuk memulai pencarian berita

#KodamIXUdayana #PengayomDanPelindungRakyat

Lambang Kodam Udayana

Inisiatif Bangun Sumur Bor Secara Swadaya, Upaya Koramil Nusa Penida Memenuhi Air Bersih

13:55:38, 17/04/2024 BERITA UMUM
Inisiatif Bangun Sumur Bor Secara Swadaya, Upaya Koramil Nusa Penida Memenuhi Air Bersih

Klungkung - Dalam rangka memberikan kenyamanan serta pemenuhan air bersih di kantor Koramil 1610-04/Nusa Penida, Wadanramil Kapten Inf I Gede Putrayadnya bersama anggota melaksanakan kegiatan gotong royong  pembuatan sumur bor dan pemasangan instalasi air, Selasa (16/04/24).

Wadanramil 1610-04/Nusa Penida Kapten Inf Gede Putrayadnya menyampaikan bahwa  pembuatan sumur bor dan pemasangan instalasi air yang dilaksanakan ini merupakan swadaya satuan.

Disamping untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kantor Koramil 1610-04/Nusa Penida, pembangunan ini juga sebagai upaya mengantisipasi apabila aliran air PDAM tidak mengalir (mati)

“Untuk sumur bor ini dibuat dengan kedalaman 6 meter dengan kondisi air tawar, sedangkan untuk instalasi air menggunakan 2 mesin yaitu 1 mesin penyedot sumur dan 1 mesin berfungsi sebagai pendorong air dari tandon menuju ke kran air,“terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Wadan Ramil bahwa ke depan untuk sistem penggunaan air di Makoramil ini menggunakan 2 sumber yaitu PDAM dan sumur bor, dimana mekanismenya apabila penggunaan air menggunakan sumur bor maka aliran air PDAM ditutup dan begitu sebaliknya saat menggunakan PDAM maka aliran air sumur bor yang ditutup,jelasnya.

Terpisah, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, S.Ag., M.Tr ( Han) sangat mengapresiasi terobosan dan inisiatif dari Koramil 1610-04/Nusa Penida.

Menurutnya, pembangunan sumur bor ini diharapkan akan dapat  mengurangi pemakaian aliran air PDAM, sekaligus sebagai upaya membantu warga di sekitar Kantor Koramil.

“Pembuatan sumur bor ini tidak hanya akan berguna bagi kantor Koramil saja, namun pastinya akan dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar apabila kekurangan air bersih atau aliran PDAM mati/tidak mengalir,“pungkas Dandim. ( Kodim 1610/Klungkung ).

Dilihat : 349 kali
CARI BERITA UTAMA
TEMUKAN JUGA KAMI DI