Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
"Gerakan Selebrasi Kerukunan", Pada Seminar Bersama Forum Kerukunan Umat Beragama Manggarai Raya
12:02:14, 06/12/2018 BERITA UMUM
"Gerakan Selebrasi Kerukunan", Pada Seminar Bersama Forum Kerukunan Umat Beragama Manggarai Raya

Wakil Bupati Manggarai, Drs. Viktor Madur membuka Seminar Bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Manggarai Raya dengan Tema "Gerakan Selebrasi Kerukunan" dan Sub Tema "Peran Tokoh Agama dan Masyarakat Dalam Membangun Masyarakat Dalam Membangun Kegerakan Selebrasi Kerukunan", bertempat di Aula Efata Jln. Ahmad Yani Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke, Rembong Kabupaten Manggarai pada Rabu (5/12). 

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini tentulah diharapkan dapat melahirkan poin-poin kebajikan sebagai nilai nilai hidup yang mempersatukan dan menyejukan.

"Kita tentu sependapat bahwa kerukunan hanya dapat terwujud jika kita merayakanya dengan menjunjung tinggi kekeluargaan, hidup damai dalam kebersamaan, saling menghargai perbedaan, memandang keberagaman sebagai modal terbaik untuk saling melengkapi sebagai makluk sosial," ucap Wakil Bupati.

Usaha tersebut haruslah di mulai dari lingkungan kecil dan akan menjadi semakin mudah jika kita memiliki akar budaya yang sama terkait dengan hal ini saya harus memberi apresiasi kusus atas terlaksananya pertemuan ini.

Sementara itu, Kasdim 1612/Manggarai Mayor Chb I Wayan Subrata yang hadir pada saat itu mewakili Dandim 1612/Manggarai, membawakan materi dengan topik "Gerakan selebrasi kerukunan dilihat dari sudut pandang stabilitas keamanan nasional dan daerah".

Kasdim mengatakan, setiap perbedaan maupun beda pendapat janganlah sampai membuat kita menjadi saling bermusuhan dan bertikai. Namun hendaknya semua saling menyadari, bahwa situasi Manggarai Raya ini tidak akan berdiri dan maju kalau saja penduduknya tidak bersatu dan tidak saling hormati menghormati.

Menurut Kasdim, bahwa kerukunan antar umat beragama merupakan saah satu faktor dasar yang ikut menentukan terwujudnya stabiitas nasional. Untuk itu Trilogi kerukunan umat beragama perlu ditegakkan melalui koordinasi berbagai pihak terkait, secara umum situasi wilayah kita masih dalam keadaan aman dan kondusif, namun kita harus tetap terus mewaspadai setiap gejolak yang ada.

Kegiatan ini sendiri berlangsung selama 2 hari, dan pada hari kedua Kamis (6/12), rencananya akan dilaksanakan kegiatan seminar dan berkunjung antar Denominasi ke Gereja Katolik, Gereja Kristen, Masjid dan Pura di wilayah Kabupaten Manggarai, serta kegiatan diskusi panel.

Acara tersebut dihadiri oleh Para Tokoh Lintas Agama, Kasdim 1612/Mgr Mayor Chb I Wayan Subrata, Ketua FKUB Kabupaten Manggarai Paul Bero, Ketua FKUB Kabupaten Manggarai Timur Romo Simon Nama, Pr., Ketua MUI Matim Ibrahim Suman, Kaban Kesbang Pol Manggarai Drs. Anselmus Aswal Msi, Ketua MUI Manggarai H Amir Kelilauw, Kepala Kantor Kemenag Ruteng Reginaldus SS Serang, S.Fil.MTh, Ketua FKUB Mabar Romo Robert Pelita, Pr, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat. (Kodim 1612/Manggarai)


KEMBALI