Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Dikunjungi Pangdam, Masyarakat Yang Vaksin di Kesdam IX/Udayana Dapat Bingkisan
13:01:06, 23/07/2021 BERITA UMUM
Dikunjungi Pangdam, Masyarakat Yang Vaksin di Kesdam IX/Udayana Dapat Bingkisan

Denpasar - Untuk membantu meringankan beban masyarakat dan mencapai herd immunity, Kodam IX/Udayana menggelar kegiatan Vaksinasi dan Berbagi yang dilaksanakan di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Kodam IX/Udayana, Denpasar, pada Kamis (22/7/2021).

Usai menjalani vaksinasi, peserta akan mendapatkan sebungkus nasi maupun sembako, hal ini juga dalam rangka menyikapi lanjutan PPKM Darurat di Bali. Perharinya disediakan sekitar 400 nasi bungkus untuk dibagikan ke peserta vaksin yang berlangsung hingga tanggal 31 Juli 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., mengungkapkan bahwa kegiatan Vaksinasi ini akan terus berjalan sampai akhir Bulan Juli, dan juga akan dilaporkan bahwa vaksin yang dilaksanakan ini juga menyasar kepada orang dari luar Bali.

"Kita hitung lagi tingkat herd immunity kemungkinan sudah lebih, kalau misalnya dapat prioritas, kita kejar lebih dari standarnya 70 persen," kata Pangdam IX/Udayana disela peninjauan di lokasi kegiatan.

Pangdam juga menyebutkan bahwa Kodam IX/Udayana terbuka bagi para donatur yang ingin menyalurkan donasi kepada para peserta vaksin, membantu meringankan beban masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19 dan PPKM yang membatasi kegiatan mobilitas masyarakat.

"Hari ini ada teman-teman yang juga excited mendukung, ada yang berbagi sembako dan berbagi makanan. Kita juga sudah membagi beras 150 Ton kepada masyarakat. Bantuan-bantuan dari Kodam IX/Udayana disalurkan bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan saat pandemi maupun pekerjaannya tidak maksimal pada saat masa PPKM ini. Sembako dan obat juga kita dukung," ujar Pangdam.

Terkait isolasi mandiri terpusat, Pangdam menegaskan setiap kota/kabupaten juga harus sudah menyiapkan tempat, agar bantuan obat dapat langsung tersalurkan name by name sesuai data, guna memudahkan pembagian diharapkan kesadaran masyarakat untuk mau tinggal di tempat isolasi mandiri terpusat.

Pada kesempatan yang sama, Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika, Sp.PD., MARS., menyampaikan bahwa syarat untuk mengikuti vaksinasi di RSAD Kodam IX/Udayana cukup mudah, hanya dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) untuk WNI dan KITAS/KITAP bagi WNA.

"Syaratnya yang penting punya KTP dan ada NIK walaupun KTP luar Bali bisa, WNA pun bisa kita layani vaksin, namun biar tidak terjadi kerumunan kita batasi sekitar 400 peserta saja per hari sampai akhir bulan nanti, kita siapkan tiket antriannya," ujar Kakesdam.

Menurutnya, dengan memberikan nasi maupun sembako bagi masyarakat seusai vaksin, semata-mata untuk berbagi membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Ini sekedar bantuan masyarakat yang divaksin, bekerja sama dengan teman-teman, membantu masyarakat apapun yang kita bisa untuk mereka, karena ada keterbatasan bagi masyarakat untuk beraktivitas, upaya ini selain untuk mencapai herd immunity juga menghidupkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang selama pandemi Covid-19 terdampak ekonominya," jelasnya. (Pendam IX/Udy)


KEMBALI