Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Dandim 1622/Alor Sebut Penghijauan Sejalan Dengan Program Pangdam IX/Udayana
14:41:47, 24/11/2021 BERITA UMUM
Dandim 1622/Alor Sebut Penghijauan Sejalan Dengan Program Pangdam IX/Udayana

Alor - Pemerintah Kecamatan Alor Tengah Utara bersinergi dengan aparat terkait lainnya melaksanakan penghijauan lingkungan dengan menanam ribuan pohon tanaman keras disepanjang bantaran sungai Mebung, Selasa (23/11/2021).

Program penghijauan ini sendiri merupakan salah satu upaya Pemerintah Kecamatan Alor Tengah Utara dengan mendapatkan dukungan dari TNI Koramil 1622-04/Apui, untuk menghijaukan kembali bantaran sungai Mebung yang hancur akibat badai Seroja yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Alor termasuk di Desa Alim Mebung pada tanggal 4 April 2021 lalu.

Jenis pohon yang di tanam terdiri dari tanaman pohon campuran yakni pohon Sukun, pohon Beringin, dan Trembesi, serta tanaman lainnya yang disiapkan oleh masyarakat dengan jumlah keseluruhan 1.150 pohon.

Turut hadir dalam kegiatan penghijauan, Wakil Ketua 1 Korpri Kab. Alor Yani Mapulo bersama Staf, Kaban BKPSDM Kab. Alor Jhon Pulingmahi, Camat Alor Tengah Utara Shabdi Makanlehi bersama Staf, Kapolsek Mebung Aiptu Onnan Ndolu, Danpos Ramil 04/Mebung Serka Fredrik Sem, Babinkamtibmas Mebung Bripka Alfons Bolo Kepala Desa Alim Mebung Almedu Kafolata, Kepala Desa Nurbenlelang, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, dan Tokoh pemuda, serta masyarakat.

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag saat dikonfirmasi media terkait dukungan Koramil 1622-04/Apui dalam upaya penghijauan disepanjang bantaran sungai yang dilakukan pemerintah Kecamatan Alor Tengah Utara mengatakan, sebanyak 1.150 pohon yang ditanam oleh TNI, Polri, ASN dan masyarakat.

Kelanjutannya adalah pemeliharaan, harapannya warga masyarakat yang berada disekitar bantaran sungai ikut memelihara dan menjaga agar semuanya bisa tumbuh dengan baik sehingga 10 tahun mendatang sudah bisa memberikan manfaat selain melindungi sumber air, juga memberi hasil bagi masyarakat seperti pohon sukun.

"Hari ini banyak bibit pohon yang ditanam, kelanjutannya harus dijaga, dirawat dan dipelihara. Kehadiran dari anggota Koramil 1622-04/Apui dalam penghijauan ini sejalan dengan program Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc yaitu Gerakan Jaga Alam dan Air atau Gejala", ungkap Dandim.

Ditambahkannya, dengan adanya penanaman pohon ini kedepannya diharapkan mampu meningkatkan kualitas udara yang merupakan sumber penting bagi kehidupan makhluk hidup. Bagaimanapun oksigen adalah bagian terpenting bagi manusia sehari-hari.

"Kita semua harus menjaga kelestarian alam atau hutan sehingga sumber-sumber air pun akan terjaga", tutup Dandim.
 


KEMBALI