Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Bersihkan Saluran Irigasi, Para Babinsa di Manggarai Barat Ajak Masyarakat Lakukan Hal Ini
12:09:58, 10/10/2018 BERITA UMUM
Bersihkan Saluran Irigasi, Para Babinsa di Manggarai Barat Ajak Masyarakat Lakukan Hal Ini

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Lembor bersama masyarakat bergotong-royong melaksanakan pembersihan saluran irigasi di Sambir Bendera, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (8/01).

Babinsa Serka I Made Wantara serta anggota Babinsa lainnya bersama tokoh dan masyarakat begitu kompak membersihkan saluran irigasi. Mereka tidak ragu terjun ke air yang berwarna kehitaman akibat sampah yang membusuk dan rumput liar yang memenuhi sisi aliran irigasi tersebut. Satu persatu sampah dan rumput liar diangkat dari aliran irigasi dengan peralatan seadanya.

Selain membersihkan saluran irigasi mereka juga melaksanakan pengecekan di pintu air irigasi Sambir Bendera.

Menurut Danramil 06/Lembor Lettu Inf Ignasius Labu, kegiatan gotong-royong yang dilakukan ini setelah salah satu Poktan (Kelompok tani) Sambir Bendera melaporkan dan  mengeluhkan kepada Danramil 1612-06/Lembor tidak mendapatkan pasokan air untuk irigasi sawah mereka.

Dengan adanya laporan tersebut Danramil berkoordinasi dengan Dinas Pengairan untuk melakukan langkah selanjutnya yakni pengecekan saluran irigasi, dan ditemukan banyaknya saluran irigasi yang tersumbat sampah serta rerumputan. Kegiatan ini juga merupakan Serbuan Teritorial dengan sasaran pembersihan saluran irigasi yang dipenuhi sampah dan rumput liar.

“Dengan pembersihan ini, air menjadi lancar dan sawah petani tidak akan kekurangan air,” ujar Danramil.

Berkat kekompakan Babinsa, Dinas Pengairan, petugas pintu air serta masyarakat setempat, sistem irigasi pun menjadi bersih dari sampah dan rumput liar.

“Puji sykukur pembersihan saluran irigasi cepat selesai, berkat kerja sama seluruh komponen masyarakat Desa Sambir Bendera. Dengan pembersihan ini, air pun menjadi lancar, sehingga dapat digunakan petani untuk mengairi sawahnya tanpa khawatir kekurangan air lagi,” ujar Kadis Pengairan wilayah Lembor. (Kodim 1612/Manggarai)


KEMBALI