Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
Bekali Kedisiplinan, Satgas Yonif R 142/KJ Latihkan Peraturan Baris-Berbaris (PBB)
14:29:07, 19/11/2019 BERITA UMUM
Bekali Kedisiplinan, Satgas Yonif R 142/KJ Latihkan Peraturan Baris-Berbaris (PBB)

Belu - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pelatihan tentang peraturan baris-berbaris (PBB) kepada siswa-siswi SMA Negeri Weluli, Desa Dirun, Kec. Lamaknen, Kab. Belu.

"Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Sertu Riaddus selaku Danpos Kewar bersama 5 orang personelnya," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

"Materi pelatihan dalam baris berbaris yang mereka berikan berupa sikap sempurna, jalan ditempat, sikap istirahat hingga cara penghormatan," papar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (18/11/2019).

Tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan tentang baris- berbaris, tetapi mereka juga memberikan ilmu pengetahuan tentang tata urut pelaksanaan upacara antara lain urut-urutan upacara, susunan petugas upacara hingga tugas masing-masing petugas upacara," jelasnya.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas Yonif R 142/KJ dalam membantu pihak sekolah guna meningkatkan disiplin pelajar, keberanian, meningkatkan karakter Kebangsaan, jiwa Nasonalisme serta menumbuhkan jiwa loyalitas terhadap sesama pelajar," tegasnya.

"Kegiatan ini merupakan inisiatif yang positif dari personel kami yang berada di pos-pos perbatasan, sehingga dalam pelaksaannya diharapkan ada keseragaman ditiap-tiap sekolah," imbuhnya.

Kegiatan ini juga mengandung nilai-nilai kepemimpin, mengasah keberanian pelajar untuk tampil serta akan menumbuhkan kerja sama diantara siswa-siswi," tambahnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, upacara kenaikan bendera Merah Putih dilaksanakan setiap hari Senin oleh para siswa-siswi dan tenaga pendidik di setiap lembaga pendidikan, diharapkan dengan kegiatan seperti ini akan timbul adanya keseragaman dalam pelaksaan upacara diantara lembaga pendidikan.

Meskipun dilaksanakan dilapangan terbuka dan dibawah terik matahari, tetapi terlihat rasa antusias dan penuh semangat yang digambarkan dari raut wajah para siswa-siswi tersebut.

Terpisah, Ibu Maria Patimah Berek, S.Pd (45) selaku Kepala Sekolah SMA Negeri Weluli menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan personel Pos Kewar.

"Saya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang telah diberikan berupa pemberian ilmu tentang peraturan baris-berbaris dan tata cara pelaksanaan upacara penaikan bendera di sekolah ini, kami juga mera bangga karena bapak TNI selalu membantu kesulitan warga masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Sertu Riaddus selaku Danpos Kewar menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting diberikan kepada para siswa sekolah, khususnya di wilayah perbatasan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kami kesempatan untuk melaksanakan kegiatan ini," tandasnya. (Satgas Yonif R 142/KJ)


KEMBALI