Tekan ENTER untuk memulai pencarian berita

#KodamIXUdayana #PengayomDanPelindungRakyat

Lambang Kodam Udayana

Bebas Dari Sampah, Personil TNI Kodim Belu Bersihkan Sampah Di Pasar Beabuk

11:02:50, 07/02/2024 BERITA UMUM
Bebas Dari Sampah, Personil TNI Kodim Belu Bersihkan Sampah Di Pasar Beabuk

Belu - Komando Distrik Militer 1605/Belu kembali menggelar kegiatan program Kick Off pelestarian dan lingkungan dengan melakukan kegiatan karya bakti pembersihan lingkungan Pasar Beabuk, Dusun Beabuk, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, NTT, Selasa (6/2/2024).

Pembersihan pasar dengan melibatkan personil TNI dari Kodim 1605/Belu, Koramil 04 Betun, Koramil 09 Biudukfoho, Koramil 04 Kobalima, Polres Malaka serta Dinas PU Kabupaten Malaka tersebut dipimpin oleh Pa Bung Kodim 1605/Belu Kapten Inf I Nyoman Swastika.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini puluhan personil gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait dalam hal Dinas PU Kabupaten Malaka bergotong royong membersihkan sampah yang menumpuk di beberapa titik di lokasi Pasar Beabuk.

Komandan Kodim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi,S.T melalui Pa Bung Kodim 1605/Belu Kapten Inf I Nyoman Swastika mengatakan kegiatan pembersihan pasar yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari program TNI AD yakni Kick Off Pelestarian Alam dan lingkungan.

"Pembersihan pasar ini sebagai bentuk kepedulian dari TNI dalam hal ini Kodim 1605/Belu terhadap kebersihan fasilitas umum, selain itu untuk mencegah terjadinya penyebaran wabah penyakit terutama di saat musim penghujan saat ini,"ucap Kapten Nyoman.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan kerja bakti pembersihan sampah di pasar ini merupakan upaya bersama dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Hal ini karena kondisi pasar terlihat mulai kotor dengan menumpuknya sampah-sampah pasar.

"Pasar harus dalam kondisi bersih, sehingga dapat memberikan kenyamanan baik bagi pedagang maupun pembeli, kalau tidak dibersihkan akan menjadi sarang penyakit dan menjadi tempat berkembangbiaknya lalat dan nyamuk" ujarnya.

Kapten Nyoman juga mengatakan melalui kegiatan seperti ini menjadi contoh dan memotivasi masyarakat baik itu penjual maupun pembeli untuk lebih peduli lagi dengan kebersihan lingkungan pasar sebagai tempat untuk beraktifitas jual beli.

"Harapannya masyarakat lebih peduli lagi dengan kebersihan, jangan asal membuang sampah disembarang tempat melainkan buanglah sampah pasar tempat sampah yang disediakan di pasar," tandasnya.(Kodim 1605/Belu)
 

Dilihat : 740 kali