Kodam IX/Udayana - Denpasar Kodam IX/Udayana - Denpasar
BREAKING NEWS
KEMBALI
4 Jam Berjalan Mencari Kerusakan Pipa, Ternyata Patah Akibat Pohon Tumbang
15:52:41, 08/10/2019 BERITA UMUM
4 Jam Berjalan Mencari Kerusakan Pipa, Ternyata Patah Akibat Pohon Tumbang

Belu - Personel Pos Dafala Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor TImur Yonif Raider 142/KJ membantu masyarakat memperbaiki saluran air yang sudah lama terputus di Desa Dafala, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Hal ini di sampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT (8/10/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan ini berawal dari laporan Bpk. Gabriel Manek (41) dan Bpk. Titus Moruk (39) selaku Kepala Dusun Kaisahe dan Dubasa A yang melaporkan keluhan masyarakat kepada personel Pos Dafala Satgas Yonif Raider 142/KJ bahwa pihaknya meminta bantuan kepada anggota TNI untuk membantu kesulitan mereka.

Selanjutnya Danpos Dafala memerintahkan Serda Komang Anom Tirta beserta 6 orang personel lainnya untuk berangkat bersama-sama dengan warga masyarakat Desa Dafala menuju ke lokasi putus/rusaknya saluran air tersebut.

Sebelumnya, Bpk. Gabriel Manek (41) dan Bpk. Titus Moruk (39) bersama dengan masyarakat setempat telah melaksanakan pemeriksaan  pipa saluran air selama 3 hari.b Namun pihaknya belum menemukan sumber kerusakan pada pipa yang mengalirkan air dari sumbernya menuju Desa.

Mendengar keluh kesah warga masyarakat, lanjut Dansatgas, Kapten Inf Numansyah selaku Danpos Dafala langsung memutuskan untuk membantu memperbaiki saluran air yg sudah tidak mengalir selama 1 minggu tersebut secara bersama-sama.

"Malam itu Danpos Dafala langsung mengumpulkan anggota dan memberikan perintah kepada Serda Komang Anom Tirta selaku Batih Kipur III bersama 6 orang personel untuk membantu masyarakat melaksanakan pemeriksaan dan perbaikan pipa air yang rusak dengan membawa perlengkapan," terangnya lebih lanjut.

Keesokan harinya, personel Pos Dafala bersama warga masyarakat pergi memeriksa pipa yang diduga rusak. Pemeriksaan dilakukan selama 4 jam perjalanan dan akhirnya titik utama permasalahan air ditemukan.

"Ternyata pohon besar yang tumbang menimpa pipa air sehingga rusak dan menyebabkan pipa terbongkar," ujar Dansatgas.

Setelah mengetahui permasalahannya, Kopda Aptoni segera menyalakan mesin senso yang dibawa dari Pos untuk memotong pohon menjadi lebih kecil, agar lebih mudah dibersihkan dan dipindahkan.

Selama kurang lebih 3 jam pelaksanakan gotong-royong tersebut, akhirnya pekerjaan selesai dan air dapat mengalir kembali, sehingga menimbulkan senyum bahaga dari masyarakat.

Bpk. Gabriel Manek (41) dan Bpk. Titus Moruk (39 ) selaku Kepala Dusun Kaisahe dan Webua A atas nama warga masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, khususnya Pos Dafala karena telah membantu masyarakat Desa Dafala dalam menemukan dan memperbaiki saluran pipa air yang rusak, karena tertimpa pohon besar yang tumbang," ucapnya. (Satgas Yonif Raider 142/KJ)


KEMBALI