Wapres RI Buka Munas IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Di Bali

By Admin 17 Jul 2017, 13:23:26 WIBBerita Umum

Wapres RI Buka Munas IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Di Bali

Keterangan Gambar : Wapres RI Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla membuka Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan tinggi Swasta Indonesia (BP PTSI) dengan tema Revitalisasi dan Redinamisasi Asosiasi BP PTSI tahun 2017 Senin (17/7) di Drupadi Ball Room Hotel Puri Saron Jln. Cemplung Seminyak Kab. Badung.


Wapres RI Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla membuka Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan tinggi Swasta Indonesia (BP PTSI) dengan tema Revitalisasi dan Redinamisasi Asosiasi BP PTSI tahun 2017  Senin (17/7) di  Drupadi Ball Room Hotel Puri Saron Jln. Cemplung Seminyak Kab. Badung.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat pemerintahan diantaranya Menteri Agama RI  Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Muhammad Nasir, Gubernur Bali Made Mangku Pastika , Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak S.I.P, M.Sc, Wakapolda Bali, Dirjen Kelembagaan, Iptek dan Dikti Dr. Patdono Suwignyo, Dirjen SDM, Iptek dan Dikti Prof Ali Ghufron Mukni, Ketua Umum AsosiasiBadan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Prof. Dr. Thomas Suyatno, Ketua Organizing Committee (OC) Bali AAG Oka Wisnumurti , Kepala Yayasan dan Pemilik Perguruan Tinggi Swasta Se Indonesia.

Kegiatan diawali sambutan Ketua Organizing Committee Bali Anak Agung Oka Wisnumurti, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kami mengucapkan selat datang di Bali, musyawarah keempat ini diadakan selama 2 hari yaitu hari ini dan beseok dengan mengambil tema revitalisasi dan 395 peserta masing masing dari pengurus dan perwakilan dari seluruh indonesia, munas ini menjadi istimewa di luar jakarta dimana baru pertama kali di hadiri Wapres dan menyanyikan Mars dan himne BPTS, Ketua OC Bali mengucapkan terimaksih yang setinggi-tingginya kepada Mentri Agama Atas bantuan dan dukungnnya sehingg munas ini dapat di selenggarakan, semoga musyawahar ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi nusa dan Bangsa. Selanjutnya kegiatan munas dilanjutkan dengan laporan Ketua Umum ABP PTSI Thomas Suyatno, Ketua Umum ABP PTSI menyampaikan Secara singkat Peserta yang hadir saat ini sari seluruh penjuru mulai dari aceh sampai Papua secara keseluruhan berjumlah 391, saat ini kami akan membahas permasalahan  dan hasil diskusinya akan kami bicarakan dengan pemerintah, khusus kepada Bapak Menteri dan jajaran kami mengucapkan rasa hormat dan terimkasi karena kerjasama berjalan dengan baik. Ketua Umum ABP PTSI mohon kepada Bapak Wapres untuk memberikan arahan bekal operatif dalam melaksanakan tugas untuk mensejajarakan dunia pendidikan ke dunia global dimana saat ini di indonesia yang masuk standar dunia hanya UI, ITB dan UGM dan targen pemerintah tahun ini adalah 5 Universitas. Dilanjutkan Penyerahan Panel Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan tinggi Swasta Indonesia (BP PTSI) oleh Bapak Thomas Suyatno (Ketua Umum ABP PTSI) kepada Wakil Presiden Republik Indonesia.

Lebih lanjut Gubernur Bali I Made Mangku Pastika menyampaikan ucapan selamat datang di pulau dewata kepada Bapak wakil Presiden sebagai pimpinan asosiasi badan penyelenggara BP PTSI serta seluruh pimpinan perguruan tinggi swasta peserta Munas yang datang dari seluruh daerah di tanah air saya menyampaikan Terima kasih atas dipilihnya Bali sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini semoga nuansa keindahan dan kedamaian alam Bali memberikan kekuatan kesehatan sekaligus inspirasi bagi seluruh peserta sehingga dapat merumuskan hal-hal terbaik dalam Munas ini. Sebagai wujud partisipasi perguruan tinggi swasta dalam pembangunan nasional kami menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan Munas ini sebagai langkah strategis BP PTSI dalam konsolidasi organisasi sekaligus mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan yang telah dilaksanakan khususnya demi eksistensi perguruan tinggi swasta dan kemajuan pendidikan tinggi secara menyeluruh di tanah air. Perguruan Swasta peranannya sangat signifikan dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia Bali dan sekitarnya kemajuan kualitas sumber daya manusia Indonesia ditentukan juga oleh kualitas perguruan tinggi swasta harus diakui sudah cukup banyak perguruan tinggi swasta yang dapat berdiri sejajar dan berkualitas setara perguruan tinggi negeri sebaliknya masih sangat banyak pula perguruan tinggi swasta yang sejajar dengan Perguruan Tinggi Negeri.BP PTSI  yang bertanggung jawab terhadap kondisi ini dan harus mengupayakan langkah-langkah pembinaan dan peningkatan kualitas seluruh perguruan tinggi swasta di tanah air dan Munas ini adalah Wahana untuk membahas hal-hal strategis dalam meningkatkan kualitas dan peran perguruan tinggi swasta tersebut.

Sambutan dari Wakil Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa Semua Bangsa mempunyai tujuan dan berdasarkan UUD adalah menciptakan masyarakat yang adil dan makmur dan dalam salah satu itu adalah mencerdaskan bangsa, dalam agama, pendidikan adalah amal baik  dan agama merupakan tugas pokok kita bersama, masa depan suatu bangsa tergantung kita dalam teknologi dan Ilmu. Saat ini sebuah bangsa dikenal dunia atas Kekayaan alam dan Lebih banyak lagi bangsa yang maju karena Sumber daya Manusianya seperti jepang karena mereka punya SDM yang hebat oleh karena itu peranan kita dan BP PTSI yang mempunyai peran penting dalam memajukan bangsa. Saat ini kalau ingin bekerja jarang ditanya ijasahnya tetapi saat ini ditanya apa kemampuan kita, artinya bagaimana kita merevitalisasi perguruan tinggi sesui dengan kebutuhan lapangan kerja saan ini, jika kita berbicara perguruan tinggi Indonesia tidak kekurangn Perguruan tinggi dan kalau di hitung per mahasiswa rata-rata perguruan tinggi swasta hampir 1000. Diluar negeri bahkan Universitas swasta lebih diminati dari pada Universitas Negri, namun saat ini univ swasta di indonesia sangat banyak sehingga bagaimana kita saat ini merevitalisasi Pendidikan Univ swasta lebih maju.

Lebih lanjut disampaikan Wapres bahwa Saat ini dengan kemajuan tehnologi yang berkembang banyak tindakan kriminal dan aksi Terorisme bisa di contoh dari Internet, di Indonesia + 6, 5 juta mahasiswa yang terdaftar di seluruh Universitas dan mahasiswa yang belajar terbesar adalah mahasiswa di univ Swasta. Semoga apa yang dibicarakan dalam munas ini menjadi bagian dalam pengembangan Bangsa Kedepan dan yang harus dilaksanakan BP PTSI adalah mencerdaskan bangsa dan Meningkatkan Teknologi.

Mengawali pelaksanaan Munas diadakan pemukulan Gong oleh Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (Wapres RI), didampingi oleh Menteri Agama, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Gubernur Bali, Ketua Umum Asosiasi BP PTSI dan Ketua Organizing Committee (OC) Bali sebagai tanda Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia.(Pendam IX/Udayana)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment