Peringatan 100 Tahun Kelahiran Pahlawan I Gusti Ngurah Rai
Ajendam Persembahkan Sosiodrama

By Admin 30 Jan 2017, 15:44:36 WIBBerita Umum

Peringatan 100 Tahun Kelahiran Pahlawan I Gusti Ngurah Rai

Keterangan Gambar : Memperingati 100 tahun kelahiran Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang diselenggarakan oleh Yayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) Prov Bali dan Keluarga Besar Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai


Memperingati 100 tahun kelahiran Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang diselenggarakan oleh Yayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) Prov Bali dan Keluarga Besar Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai,selaku ketua panitia Bpk I Gusti Ngurah Gede Yudana (Putra Sulung I Gusti Ngurah Rai) dan Bpk I Gusti Putra Alit Yudha (Putra Bungsu I Gusti Ngurah Rai) dengan jumlah hadir seluruhnya 2000 orang. Pada kesempatan tersebut Ajendam IX/Udayana mempersembahkan sosiodrama tentang perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai Senin, (30/1) di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Desa Marga, Kabupaten Tabanan.

Rangkaian kegiatan menyambut pelaksanan peringatan hari lahir I Gusti Ngurah  Rai telah diadakan berbagai macam lomba oleh Pemuda Panca Marga Komisariat Yayasan Kebaktian Proklamasi Provinsi Bali yang dibuka pada (19/12/2016) diantaranya dengan menggelar lomba cipta dan baca puisi, menyanyikan lagu perjuangan dan paduan suara yang melibatkan sekolah SD,SMP,SMA se-Provinsi Bali, dan pemenangnya diberikan pengharagaan dan piala yang diserahkan hari ini pada puncak peringatan oleh Wakil Gubernur. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang sangat baik bertujuan untuk mensosialisasikan dan juga menguatkan serta melestarikan nilai-nilai juang jasa pahlawan I Gusti Ngurah Rai.

Puncak peringatan dilaksanakan secara sederhana, meriah dan penuh hikmat yang diawali dengan iring iringan ibu ibu mengenakan pakaian adat Bali membawa banten (sesajen) dan diiringi dengan gamelan blegganjur, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Pahlawan I Gst Ngr Rai dilanjutkan lagu Taman Pujaan Bangsa Margara dilanjutkan Parade Marcing Band dari Universitas Udayana, Defile Pataka I Gst Ngr Rai dan Sosio drama singkat perjuangan I Gst Ngr Rai.
Pada Kesempatan tersebut I Gst Gede Yudana, perwakilan keluarga Pahlawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodam IX/Udayana yang sudah berpartisipasi atas terselenggaranya acara memperingati 100 tahun Pahlawan I Gst Ngurah Rai dengan terselenggaranya kegitan 100 tahun Pahlawan I Gusti Ngurah Rai tiada lain untuk mengenang jasa beliau yang begitu semangat mempertahankan Bali dari penjajah sesuai dengan tema yaitu “Kebangsaan”.

Wakil Gubernur ketut Sudikerta dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi sangat gembira dilaksanakannya Peringatan 100 Tahun Lahirnya Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai ini karena sesungguhnya peringatan Ini mempunyai makna tersendiri dan bukan hanya suatu upacara formal saja. Melainkan melalui Peringatan 100 Tahun Lahirnya Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan melainkan politik harapan bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak menyurutkan semangat perjuangan. Pengalaman merebm dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.
Peringatan hari pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu itu adalah semangat rela berjuang, berjuang matinatian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan. Persatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.

Hadir pada acara peringatan 100 tahun kelahiran Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai diantaranya Wakil Gubernur Bali  Ketut Sudikerta, Kasdam IX/Udayana BrigjenTNI Stephanus Trimulyono, Menteri Koprasi RI  di wakili Deputi Koprasi RI Ir. I Wayan Dipta M.Sc, Anggota Komisi X DPR RI Ida Bagus Putu Sukarta Si.M.Si, Kapolda Bali di wakili Dir Tahti AKBP Made Suyasa, Ketua DPRD Prov Bali N Adi Wiryatama,S.Sos.M.Si, Danrem 163/Wsa di wakili Kasrem 163/Wsa Letkol Inf Yana Bahtiar, FKPD Prov Bali, Staf Akhli,Ka dan Kabiro Prov Bali, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Staf Aklhli,Dir dan Kabiro Polda Bali Danrindam IX/Udy Kolonel Inf Agus Saeful S.Sos, LO AU, LO AL, Kabalak Dam IX/Udy Dandim Jajaran Korem 163/Wsa, Para Konsulat Negara Sahabat, Para Rektor se Bali, Para Ketua Yayasan se Bali, Dir/Pim Bank se Bali, Keluarga Besar (Anm) Igusti Ngurah Rai, Bupati se Bali, Kapolres se Bali, Ketua PHDI Pusat Mayjen TNI (Pur) Wisnu Bawa Tanaya, Ketua LVRI dan Anggota LVRI Se Bali, Toga,Todat dan Toma, serta FKPPI.(Pendam IX/Udayana)

 

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment