Peran Koramil 1610-04/Nusa Penida Dalam Membangkitkan Minat Pemuda Berolah Raga

By Admin 13 Feb 2018, 10:51:08 WIBBerita Umum

Peran Koramil 1610-04/Nusa Penida Dalam Membangkitkan Minat Pemuda Berolah Raga

Keterangan Gambar :


Pemuda sebagai tulang punggung suatu bangsa sekaligus sebagai generasi penerus bangsa merupakan aset bangsa yang tidak ternilai harganya, dimana generasi muda merupakan generasi penerus bangsa.

Sejarah mencatat bahwa awal dari kebangkitan bangsa Indonesia sampai bebas dari belenggu penjajahan di awali dengan terbentuknya organisasi kepemudaan yang ada di saat itu. Koramil sebagai ujung tombak TNI-AD berperan aktif  mengajak pemuda berilah raga seperti yang dilaksanakan.

 

Sebagai pemuda harus mampu menjaga sportivitas diri, karna dengan perkembangan dunia saat ini yang di ikuti dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang begitu pesat, mempengaruhi pola pikir manusia bahkan gaya hidup dalam kehidupan manusia sehari-hari.

 

Perkembangan ini yang juga sangat berpengaruh besar pada generasi muda. Di era globalisasi saat ini kita dapat melihat peranan pemuda Indonesia dalam membangun bangsa kita nilai mengalami degradasi khususnya dalam wawasan kebangsaan. Generasi Muda nusa penida yang memiliki potensi yang begitu besar dalam bidang olah raga dan di dukung oleh alam yang memungkin, apabila dibiarakan begitu saja dapat berimbas ke hal-hal yang bersifat negatif.

 

Melihat potensi yang ada terhadap pemuda di sekitar Koramil Nusa Penida, Danramil 1610-04/Nusa Penida Mayor Inf I Gede Nariada berniat menyalurkan bakat para pemuda tersebut. Karena jika tidak tersalurkan dapat berdampak negatif terhadap pemuda dan berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata di Nusa Penida yang akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

 

Berbekal tekad dan kemauan, Danramil 1610-04/Nusa Penida bersama sama dengan anggotanya mengumpulkan material yang dapat di pergunakan untuk pembuatan lapangan bola volley. Terciptanya lapangan volley ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat sekitar, dimana dulunya masyarakat enggan untuk bermain di kantor koramil dengan adanya lapangan bola volley pelan namun pasti masyarakat mulai terbiasa mendatangi kantor Koramil.

 

Berdasarkan hal tersebutlah Danramil 1610-04/Nusa Penida beserta anggota mengadakan turnamen bola volley Danramil Cup dengan melibatkn beberapa club bola volley yang ada di Nusa Penida. Turnamen di ikuti oleh 10 club bola volley yang ada dan dapat berjalan sesuai dengan tujuan utama, yaitu memperkenalkan keberadaan Koramil 1610-04/Nusa Penida kepada masyarakat setempat.

 

Koramil 1610-04/Nusa Penida sebagai satuan teritorial dibawah Kodim 1610/Klungkung yang berada di kabupaten kelungkung memiliki wilyah yang sangat luas yang terdiri dari 16 desa binaa dan berada di suatu ke pulauan terpisah dengan daratan,melihat situasi geografis yang sedemikian rupa dengan wilayah relatif berbukit dan banyaknya ketinggian sangat memungkinkn masyarakat kurang mengenal dengan keberadaan Koramil 1610-04/Nusa Penida.

 

Upaya yang dilakukan oleh Koramil 1610-04/Nusa penida dalam menanamkan jiwa sportifitas lewat kegiatan olah raga bagi generasi muda dilakukan secara terus menerus dengan tujuan agar generasi muda khususnya para pelajar benar-benar mengerti dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

 

Semenjak dilaksanakan upaya pembinaan generasi muda melalui kegiatan olah raga bola volley ini, pemuda yang tadinya suka kebut kebutan di jalan raya dan dengan kegiatan negatif lainnya berangsur-angsur menjadi berkurang, dan dampaknya sangat positif. (Kodim 1610/Klungkung)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment