Pelda Wayan Bajak Sawahnya Pak Putu, Begini Kejadian Sebenarnya…

By Admin 05 Des 2017, 13:21:00 WIBBerita Umum

Pelda Wayan Bajak Sawahnya Pak Putu, Begini Kejadian Sebenarnya…

Keterangan Gambar :


Babinsa Manistutu Bantu Petani menggunakan Traktor di Subak Tibu Paras, Dusun Katulampa, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Selasa (5/12).

 

Babinsa Desa Manistutu Pelda Wayan Jati Melaksanakan Kegiatan pendampingan petani mengolah lahan sawah milik I Ketut Lenta dengan Luas Lahan 50 are, dan Veritas Bibit yang akan ditanam Ciherang dan dilahan milik Putu Mara, Luas Lahan 25 are, sedangkan Veritas Bibit yang akan ditanam Ciherang bertempat di Subak Tibu Paras Dusun Katulampa Desa Manistutu.

 

Pengolahan menggunakan Traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistem Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Pada era dulu petani mengerjakan ini dengan menggunakan hewan seperti sapi/kerbau sebagai penarik bajaknya.

 

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

 

Pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman. (Kodim 1617/Jembrana)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment