Pangdam IX/Udayana : Mahasiswa harus konsisten memegang Pancasila sebagai dasar NKRI

By Admin 19 Mei 2017, 15:04:57 WIBBerita Umum

Pangdam IX/Udayana : Mahasiswa harus konsisten memegang Pancasila sebagai dasar NKRI

Keterangan Gambar : Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc., hadiri Seminar Nasional yang digelar oleh Keluarga Besar Mahasiswa Hindu Dharma (KBMHD) dengan tema “ Estetika Dan Dinamika Tri Kaya Parisudha Sebagai Landasan Membentuk Moral Bangsa” pada Jumat (19/5) di Kampus Undiknas, Jalan Bedugul No.39 Denpasar.


Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc., hadiri  Seminar Nasional yang digelar oleh Keluarga Besar Mahasiswa Hindu Dharma (KBMHD)  dengan tema “ Estetika Dan Dinamika Tri Kaya Parisudha Sebagai Landasan Membentuk Moral Bangsa” pada Jumat (19/5) di Kampus Undiknas, Jalan Bedugul No.39 Denpasar.

Kehadiran Pangdam disini adalah sebagai Keynote Speaker bersama narasumber lainnya, Mayjen TNI (Pur) Wisnu Bawa Tenaya, mantan Pangdam IX/Udayana yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Harian PHDI dan Prof. Dr. I Nyoman Budiana. S.H., M.Si., selaku Moderator.

Pada kesempatan tersebut dihadapan 500 orang Mahasiswa, Pangdam IX/Udayana memaparkan tentang peran Generasi Muda yang diidentikkan dengan Mahasiswa dari masa kemasa sampai dengan pasca reformasi mempunyai peran yang sangat sentral dalam merebut kemerdekaan maupun dalam  mengisi kemerdekaan yang sudah diraih, oleh karena itu Mahasiswa harus konsisten memegang Pancasila sebagai dasar NKRI. Kemudian  dalam mengisi pembangunan Mahasiswa tidak boleh pasif, harus aktif dan mampu  memberikan masukan kepada pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan untuk mengisi pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

Pada intinya ada tiga peran strategis yang disampaikan kepada Mahasiswa, antara lain Mahasiswa harus meningkatkan kualitas pengetahuan, penguasaan teknologi, mempertebal keimanan dan ketaqwaan serta seradha dan bhakti dalam melaksanakan kewajiban sebagai Mahasiswa maupun sebagai warga masyarakat Indonesia, kedua membangun kepribadian sebagai satu bangsa, meningkatkan kualitas bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme, tidak terpecah belah, bercerai berai dan jangan melemahkan komunitas lainnya, ketiga jangan mudah termakan dan terprovokasi oleh isu-isu globalisasi saat ini yang secara sengaja dihembuskan oleh pihak tertentu baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang menghendaki kehancuran NKRI dengan cara memecah belah persatuan dan kesatuan, demikian ujar Pangdam dalam paparannya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cindramata dari pihak penyelenggara kepada Pangdam IX/Udayana. Turut hadir mendampingi Pangdam para Perwira Staf Ahli dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment