Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa Yang Besar

By Admin 10 Nov 2017, 12:25:49 WIBBerita Umum

Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa Yang Besar

Keterangan Gambar :


Setiap tanggal 10 November, Bangsa indonesia memperingati hari pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

 

Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah "politik ketakutan", melainkan "politik harapan". Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental-karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

 

Peringatan hari Pahlawan harus mampu menggali upaya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.

 

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 10 November ini yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya dengan meneladai nilai-nilai luhur yang diwarikan kepada kita semua seperti taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan Bangsa.

 

Seperti kegiatan Upacara Hari Pahlawan 10 November 2017 yang diselenggarakan oleh Paldam IX/Udayana digelar pada hari ini Jumat (10/11) pukul 07.55 Wita di Lapangan Praja Raksaka Kepaon Kodam IX/Udayana. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kolonel Cba Selamat Raharjo, sebagai Komandan Upacara Letkol Cpl Wawan Rukmono dan Perwira Upacara Mayor Cpl Sadiriwidodo serta diikuti kurang lebih 500 orang peserta upacara dari anggota dan PNS jajaran se-Garnizun Denpasar.

 

Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-72 tahun yang dilaksanakan di Lapangan Prajaraksaka Kepaon Denpasar ini dalam pelaksanaanya dapat berjalan dengan aman dan lancar. Adapun yang hadir dalam upacara tersebut adalah Para Wakil Kabalak se-Garnizun Denpasar, 1 Pok Satsikmil Ajendam IX/Udayana, 1 Pok Pamen, 1 SSK Pama, 1 SSK anggota Bintara dan  Tamtama tak bersenjata, 1 SSK Ba/ Ta bersenjata, serta 2 Pok PNS Putra dan 2 Pok PNS Putri. (Pendam IX/Udayana)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment