Danrem 161 Wira Sakti : Arti Pahlawan Bagi TNI

By Admin 10 Nov 2017, 12:50:13 WIBBerita Umum

Danrem 161 Wira Sakti : Arti Pahlawan Bagi TNI

Keterangan Gambar :


Pahlawan merupakan orang atau sosok yang menonjol karena keberanian yang dimiliki dalam memperjuangkan suatu cita-cita yang nantinya bermanfaat bagi kepentingan orang lain, masyarakat, bangsa dan negara.

 

Pahlawan adalah mereka yang melekat dengan suatu identitas yang dapat dijadikan panutan atau teladan oleh para generasi penerus suatu bangsa.

 

Terlebih bagi Bangsa Indonesia yang memang terlahir secara mandiri dalam mencapai kemerekaanya. Meraih kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia bukan perkara mudah, banyak pengorbanan yang dilakukan baik arta bahkan berkorban jiwa raga. Itulah yang dilakukan oleh pendahulu dan pendiri bangsa dalam mencapai kemerdekaan. Para pelaku yang berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan kita itulah pahlawan sesungguhnya yang kemudian mampu mewariskan hal yang sangat berharga dan berkesinambungan yang dapat kita nikmati pada saat sekarang ini.

 

Pahlawan adalah mereka yang memiliki jiwa pengorbanan tanpa pamrih, cinta tanah air, punya nasionalisme, patriot sejati, serta memiliki suatu tekad yang kuat dalam mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Bagi TNI sendiri pahlawan bangsa adalah hal yang wajib menjadi panutan dan teladan dalam melaksanakan tugas dalam menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Sikap-sikap keteladanan, kepemimpinan, rela berkorban, pantang menyerah, patriotisme serta nasionalisme yang tak terbatas merupakan suatu energi positif yang dapat dijadikan motivasi bagi setiap Prajurit TNI dalam melaksanakan pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

 

Implementasi dari nilai kepahlawaanan tersebut adalah komitmen dari TNI untuk menjaga keutuhan NKRI. Termasuk menjaga pondasi bangsa ini agar tetap eksis. Kunci dari semua itu adalah bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa tetap utuh dan terjaga pula. TNI sangat komit sebagai benteng terdepan menjaga NKRI, yang tentunya juga harus bersama-sama masyarakat bahu membahu mewujudkan keutuhan dan kedaulatan Bangsa Indonesia.

 

Sementara secara khusus  TNI yang ada di wilayah NTT juga mempunyai komitmen yang sama dalam menjaga wilayah Bumi Flobamora tetap solid dan kondusif. Kita mengajak masyarakat NTT bersama-sama untuk mewujudkan NTT yang tetap aman dan damai yang menjadi cita-cita dari pendahulu atau pahlawan yang berasal dari Provinsi Nusa Kepulauan ini.

 

Tugas kita mewujudkan cita-cita pendahulu tersebut dengan berperan dan mengisi pembangunan di Provinsi ini sehingga kehidupan masyarakat akan semakin baik dan sejahtera

 

Yang lebih penting lagi kita semua harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan di tengah kebhinnekaan kehidupan yang terdiri dari suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, budaya dan karaktetistik lainnya, yang meupakan modal yang luar biasa untuk dapat menjadi bangsa yang besar dalam bingkai NKRI.

 

Jika hal ini kita bisa wujudkan bersama maka para pahlawan yang sudah beristirahat secara damai dan tenang di alam sana akan bangga melihat generasi bangsa ini mampu menjaga apa yang telah para pahlawan perjuangkan dan cita-citakan.

 

“Selamat Hari Pahlawan, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. (Penrem 161/Wira Sakti)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment