Bersama Rakyat TNI Kuat Bersihkan Pohon Tumbang di Desa Penebel

By Admin 09 Jan 2018, 15:04:10 WIBBerita Umum

Bersama Rakyat TNI Kuat Bersihkan Pohon Tumbang di Desa Penebel

Keterangan Gambar :


Hujan lebat di sertai angin kencang yang melanda hampir di seluruh Wilayah Kab. Tabanan termasuk di wilayah Kecamatan Penebel pada hari Sabtu (6/1) sekitar pukul 14.30 Wita mengakibatkan pohon kemiri tumbang dan menimpa Pura Dalem Desa Pekraman Ubung Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

Koramil 1619-08/Penebel, Kodim 1619/Tabanan bersama masyarakat bergotong royong mengevakuasi pohon tumbang dan melaksanakan pembersihan di areal Pura Dalem Desa Pekraman Ubung, Desa Penebel Kec. Penebel, Kab. Tabanan pada hari Selasa (9/1) pukul 08.00 s.d 11.30 Wita yang dipimpin langsung oleh Danramil 1619-08/Penebel Kapten Inf T. Yudha dan Jro Bendesa Adat Ubung, Penebel.

 

Akibat kejadian tersebut Bale Piasan Mraje Pati yang dibangun pada tahun 2014 dan Pelinggih Mraje Pati yang dibangun pada tahun 1975 serta penyengker pura yang disungsung oleh 4 banjar dinas yaitu Banjar Dinas Ubung, Banjar Dinas Kupang, Banjar Dinas Dukuh, Banjar Dinas Penebel dan 3 banjar adat yaitu Banjar Adat Ubung, Banjar Adat Dukuh serta Banjar Adat Penebel hancur tertimpa pohon kemiri yg berdiameter kurang lebih 2 meter.

Kerugian akibat pohon tumbang tersebut diperkirakan kurang lebih sekitar 250 juta dan tidak menelan korban jiwa. Setelah beberapa pohon besar dipotong saat itu juga langsung dilaksanakan mecaru oleh krama adat setempat dan dalam waktu dekat kerusakan pura tersebut akan segera bangun kembali. Untuk mengantisipasi kejadian yang sama maka desa adat setempat berencana akan mengecek usia pohon dan menebang pohon yang sudah besar dan tua yang berada disekitar areal Pura Mraja Pati tersebut.

 

Jro Bendesa adat Ubung Bapak Putu arya Kusuma mengatakan, bahwa gotong royong antara masyarakat dengan TNI adalah bentuk kerja sama dan kepedulian yang baik dan TNI sangat membantu keberadaannya disaat masyarakat tertimpa musibah.

 

“Saya sebagai masyarakat adat mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Danramil Penebel beserta anggotanya yg telah peduli dan mau membantu masyarakat kami, Keikutsertaan dan kepedulian Danramil Penebel dan anggotanya dalam membantu gotong royong ini merupakan bentuk support moral bagi kami untuk membangun kembali pura Praja Pati seperti keadaan semula”, pungkasnya.

“Pada hari jum'at tanggal 12 Januari 2018 krama adat akan melaksanakan acara ngayah, diharapkan pihak Koramil 1619-08/Penebel bisa bergabung bersama-sama kami untuk melaksakan upacara ngeruak (bongkar bangunan lama)”, ungkap Jro Bendesa Adat.

 

Pada kesempatan tersebut Danramil 1619-08/Penebel Kapten Inf T. Yudha juga mengucapkan terimakasih pada masyarakat adat yang sudah bisa berbaur dan bergotong royong dengan TNI, bila TNI diperlukan oleh masyarakat kami siap membantu dalam bentuk apapun, karena TNI akan kuat bila didukung oleh masyarakat sesuai dengan motto “BERSAMA RAKYAT TNI KUAT”. (Kodim 1619/Tabanan)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment